Kebiasaan yang Membuat Charger Cepat Rusak


Jaman sekarang siapapun pastinya memiliki smartphone. Setiap smartphone yang kita beli tentu sudah dilengkapi dengan charger bawaanya masing-masing. Charger sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dari smartphone yang kamu gunakan. Maka dari itu, kamu perlu untuk menjaganya supaya tidak cepat rusak. Karena jika charger sampai rusak, harga dari charger original bawaan smartphone yang kamu pakai itupun tidak murah harganya. Daripada membeli baru, lebih baik kamu merawatnya dengan melakukan cara penggunaan yang baik supaya tidak cepat rusak seperti di bawah ini.

1. Selalu men-charger smartphone semalaman suntuk

Mayoritas pemilik smartphone, selalu melakukan hal tersebut. Dan beberapa di antaranya sudah menjadi kebiasaan. Mencharge smartphone semalaman tentu akan merusak smartphone, terutama baterainya. Usia baterai yang dicharger semalaman tidak memiliki kemampuan daya tahan lama dan akan cepat habis.

2. Jangan menyambung charger terus menerus ke listrik

Ini penting juga untuk merawat charger smartphone kamu supaya tidak cepat rusak. Menyambungkan charger smartphone terus menerus ke listrik akan menyebabkan suhunya menjadi panas dan akan mengalami kerusakan. Aliran listrik yang terus mengalir ke charger itulah yang menyebabkan panas. Selain itu membuat komponen-komponen aktif terus bekerja selama disambungkan.

3. Jangan menggulung kabel charger smartphone

Setelah usai dipakai, seringkali kamu menggulung kabel charger supaya ringkas. Ternyata kebiasaan demikian ini merupakan kebiasaan yang salah. Menggulung kabel charger akan membuat charger cepat rusak. Pasalnya, serat-serat halus yang ada di dalam kabel bisa terputus karena gulungan itu. Terlebih ketika habis memakainya, karena kabel dalam kondisi masih hangat.

4. Menggunakan charger hanya yang jenis smartphone-nya sama

Terkadang karena ingin praktis, kamu sering menggunakan charger smartphone kamu sembarang tanpa melihat untuk jenis dan merk smartphone apa charger tersebut. Ada banyak hal yang membuat kamu melakukan hal itu. Mungkin karena terburu-buru atau memang tidak dibawa charger smartphone kamu. Ternyata hal tersebut justru akan membuat charger menjadi cepat rusak. Karena tegangan dan arus yang dibutuhkan setiap smartphone itu tentunya beda-beda. Jadi ketika kamu menggunakan charger dari smartphone jenis dan merk yang beda dengan milikmu maka yang terjadi justru akan menyebabkan resiko pada charger lebih besar.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Viral

DON'T MISS