10 Kota Indonesia dengan Biaya Hidup Tertinggi


via jakartaglobe.id

Biaya hidup di suatu kota memang berbeda-beda. Pastinya, adanya biaya hidup di suatu kota itu juga memengaruhi kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kota tersebut. Semuanya itu bisa berjalan lancar bila penghasilan dan pemasukan yang diperoleh juga seimbang. Sebelum kamu memutuskan untuk merantau ke kota-kota di Indonesia, ada baiknya kamu pertimbangkan bagaimana patokan biaya hidup dari suatu kota yang akan kamu tinggali.

Berikut ini ada 10 kota di Indonesia dengan biaya hidup tertinggi. Patokan ini didapat dari Survei Biaya Hidup yang surveinya dilakukan selama 5 tahun sekali oleh BPH. Mana saja kota-kota itu? Berikut daftarnya.

  1. Makasar

Salah satu kota di Indonesia dengan biaya hidup tertinggi yakni Makasar. Nilai IHK di Makasar mencapai Rp 5 juta lebih setiap bulannya. Dilihat dari pembangunan dan infrastruktur, Makasar menjadi kota metropolitan di Indonesia kedua terbesar di luar Jawa setelah Medan.

  1. Pekanbaru

Kota berikutnya adalah Pekanbaru. Pekanbaru adalah ibukota Riau yang nilai IHK-nya sebesar 5.808.376/bulan. Pekanbaru kini sedang berkembang pesat dan menjadi kota dagang yang multi etnik.

  1. Surabaya

Ibukota Jawa Timur ini, Surabaya merupakan kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia. Nilai IHK-nya sebesar Rp 6.059.488/bulan. Sampai sekarang Surabaya menjadi pusat bisnis yang sangat berkembang setelah Jakarta.

  1. Banda Aceh

Tidak hanya di bagian timur dan Jawa Barat saja. Daerah Sumatra pun juga termasuk sebagai kota yang memiliki biaya hidup tinggi di Indonesia. Salah satunya adalah Banda Aceh. Kota madani yang menerapkan syariat islam ini memiliki banyak komoditi pangan dan sandang yang banyak didatangkan dari luar Aceh.

5.Manokwari

Di wilayah Indonesia timur, Manokwari menjadi kota dengan biaya hidup tinggi di Indonesia. Kota yang letaknya di Papua Barat ini terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan.

  1. Batam

Batam yang terletak di Provinsi Kepri ini memiliki biaya hidup yang tinggi. Dengan nilai IHK sebesar Rp 6.307.136 membuat kota yang bersebelahan dengan negara Singapura ini sangat mahal untuk tinggal di sana.

  1. Depok

Depok yang menjadi kota penyangga ibukota DKI Jakarta memiliki biaya hidup termahal. Letaknya di Jabodetabek ini nilai IHKnya tidak begitu jauh dengan Jakarta.

  1. Ternate

Kota yang memiliki biaya hidup mahal selanjutnya adalah Ternate. Letaknya di Indonesia timur dengan nilai IHK Rp 6.427.357

  1. Jayapura

Di posisi runner up sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal adalah Jayapura. Ibukota Papua ini nilai IHK-nya Rp 6.939.057. Papua yang kaya akan sumber daya alamnya ini ternyata memiliki biaya hidup yang tinggi dan tidak jauh beda dengan Jakarta.

  1. Jakarta

Lalu manakah kota yang biayanya paling tinggi di Indonesia? Tentu sudah pasti kota itu adalah Jakarta. Kota yang juga sebagai ibukota negara Indonesia ini memiliki biaya hidup yang sangat tinggi. Tinggal di Jakarta seolah-olah uang bisa keluar setiap jam, menit, bahkan detik. Hal ini dikarenakan pusat perekonomian di Indonesia memang berada di Jakarta pusatnya.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Viral

DON'T MISS