Apa yang Membuat Racun Kalajengking Sangat Mahal?


 

Beberapa waktu oleh Presiden Ir. Joko Widodo menyebutkan bahwa racun kalajengking memiliki nilai paling tinggi di dunia. Disebutkan pula bahwa harganya bisa mencapai 145 milyar per liternya. Tentunya pernyataan presiden ketika itu banyak mengundang re

via sitompo.blogspot.com

aksi dari beberapa kalangan. Terlepas dari berbagai komentar dari pernyataan presiden tersebut, seorang peneliti serangga dari ITB, mengatakan bahwa racun serangga tersebut memiliki potensi luar biasa di dunia medis.

Diungkapkan oleh peneliti tersebut, bahwa kini racun kalajengking bisa digunakan untuk terapi dari penyakit kanker. Alasannya molekulnya yang kecil dan mampu mencapai bagian tubuh yang sulit dijangkau, seperti misalnya otak. Ada beberapa hal yang membuat racun kalajengking ini sangat mahal. Apa saja? Simak ulasannya.

Mengapa racun kalajengking mahal?

Kalajengking memproduksi racunnya dengan jumlah yang amat sedikit. Tiap kalajengking memiliki karakter racun yang berbeda pula. Racun ini dihasilkan oleh kalajengking untuk membunuh mangsanya atau sedang merasa ketakutan sehingga bisa dikatakan sebagai perlindungan untuk dirinya. Maka dari itu, sulit untuk memproduksi racun yang begitu spesifik.

Pengolahan dari racun kalajengking ini pun sangat sulit bila ingin menghasilkan racun yang sangat spesifik. Pengolahan tersebut memerlukan proses dan hanya kurang dari 10% dari bagian racun yang diketahui fungsinya. Dengan jumlah yang sedikit itulah maka sulit untuk dilakukan standarisasi. Dengan demikian harganya pun mahal dan pembeli tidak ingin membelinya dari perusahaan yang tak jelas asal-usulnya. Karena hal ini terkait dengan riset serta nyawa manusia.

Berdasarkan harga yang telah dirilis oleh sebuah perusahaan, yakni Sigma Aldrich dimana perusahaan itu merupakan perusahaan yang resmi telah menjualnya, harga racun kalajengking per 10 mg sekitar 16 juta. Terapi kanker serta potensinya untuk terobosan di dunia  medis yang dihasilkan dari racun kalajengking ini sama halnya dengan yang dihasilkan dari ular kobra. Uniknya mampu dikaitkan dengan sel saraf. Ketika racun masuk ke sistem saraf, maka akan masuk ke sistem saraf besar. Di dalam kasus tertentu yang dipakai untuk terapi kanker karena mampu dengan cepat masuk ke sel saraf terutama otak.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Viral

DON'T MISS